Peningkatan prestasi belajar siswa dengan menggunakan model interaktif pada materi keragaman kenampakan alam dan buatan (PTK Pada Siswa Kelas V Di MI Sirojul Muslimin Jakarta Selatan)

Main Author: Rosmawati
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Daftar Isi:
  • Permasalahan yang diangkat dalam penulisan skripsi ini adalah: (1) bagaimana perencanaan penerapan Model Interaktif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi keragaman kenampakan alam dan buatan mata pelajaran IPS , (2) bagaimana prestasi belajar siswa pada materi keragaman kenampakan alam dan buatan mata pelajaran IPS dengan penerapan Model Interaktif, dan (3) bagaimana prestasi belajar siswa pada materi keragaman kenampakan alam dan buatan mata pelajaran IPS dengan penerapan Model Interaktif. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui proses belajar siswa kelas V MI Sirojul Muslimin dalam pembelajaran materi keragaman kenampakan alam dan buatan mata pelajaran IPS dengan penerapan Model Interaktif, dan (2) untuk mengetahui prestasi belajar siswa kelas V MI Sirojul Muslimin dalam pembelajaran materi keragaman kenampakan alam dan buatan mata pelajaran IPS dengan penerapan Model Interaktif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK). PTK dilaksanakan sebagai upaya untuk mengatasi permasalahan yang muncul di dalam kelas. Metode ini dilakukan dengan empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Keempat tahap tersebut merupakan siklus yang berlangsung secara berulang yang dilakukan dengan langkah-langkah yang sama dan difokuskan pada pembelajaran dengan menerapkan Model Interaktif melalui teknik diskusi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa melalui pembelajaran dengan menerapkan Model Interaktif dengan teknik diskusi mengalami peningkatan yang signifikan. Peningkatan tersebut dapat dilihat melalui siklus yang telah dilakukan. Pada siklus I penerapan Model Interaktif dalam pembelajaran materi keragaman kenampakan alam dan buatan mata pelajaran IPS dinyatakan berhasil. Hal tersebut dapat dilihat melalui hasil transkrip nilai rata-rata siswa 58,54%. Beranjak dari hasil analisis data dan refleksi siklus 1, untuk memaksimalkan/memperbaiki kekurangan siklus 1, maka pemberian tindakan pada penelitian ini dilanjutkan dengan siklus 2. Setelah dilakukan refleksi maka didapatkan peningkatan hasil yang signifikan pada siklus 2 dengan nilai rata-rata hasil transkrip nilai siswa 89,26%.