Peningkatan Hasil Belajar Pkn Dengan Metode Pembelajaran Role Playing Siswa Kelas V di MI Alkhaeriyah 02 Kabasiran Parungpanjang Bogor
Main Author: | Masanah |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dan respon siswa setelah pembelajaran PKn di kelas V pada topik masalah-masalah sosial dengan menggunakan metode bermain peran (role playing). Proses pembelajaran PKn yang biasa dilakukan sampai saat ini masih banyak diwarnai dengan menggunakan model pembelajaran konvensional seperti ceramah. Metode ceramah itu lebih menitikberatkan guru sebagai pusat pembelajaran (teacher centre) sedangkan siswa hanya sebagai pendengar setia saja, yang pada akhirnya hasil belajar yang didapat siswa rendah dan tidak mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) mata pelajaran PKn yang telah ditetapkan. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode bermain peran (role playing). dalam 2 siklus. Tindakan ini disertai dengan instrumen penelitian berupa tes, lembar observasi, wawancara dan angket. Penelitian ini dilakukan di MI Alkhaeriyah 02 Kabasiran Parungpanjang dengan jumlah siswa 25 orang pada semester genap tahun pelajaran 2013-2014. Materi yang dibahas dalam PTK adalah Bentuk-bentuk Keputusan Bersama. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan pencapaian hasil belajar siswa setelah tindakan pembelajaran melalui metode bermain peran (role playing) dilaksanakan. Melihat hasil belajar yang diperoleh siswa dari tindakan siklus I dan II terlihat adanya peningkatan yang signifikan. Maka, dapat disimpulkan bahwa metode bermain peran (role playing) pada topik Bentuk-bentuk Keputusan Bersama di kelas V dapat dijadikan salah satu alternatif metode yang dapat digunakan untuk memperbaiki hasil belajar siswa.