Penerapan Pendekatan Kontekstual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Al- Mauizhah Depok pada Mata Pelajaran IPS
Main Author: | Endah Rosmawati |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial dengan menerapkan pendekatan kontekstual (contextual teaching and learning). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V MI Al-Mau?izhah Depok pada tahun pelajaran 2012/2013 dengan jumlah siswa sebanyak 30 siswa yang terdiri atas 14 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, tiap siklus terdiri dua pertemuan yang masing-masing mencakup beberapa tahapan yakni perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah: 1) tes hasil belajar, 2) lembar observasi proses pembelajaran, aktivitas guru dan aktivitas siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan kontekstual (contextual teaching and learning) dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pada siklus I pertemuan pertama jumlah siswa yang mencapai kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) adalah sebanyak 11 (36,67%) Siswa, dan pada siklus II pertemuan kedua terjadi peningkatan karena jumlah siswa yang mencapai KKM adalah sebanyak 26 (86,67%) siswa. Pembelajaran dengan menggunakan pendekatan kontekstual (contextual teaching and learning) juga membuat pembelajaran menjadi menyenangkan bagi siswa dan juga memberikan hasil yang baik bagi peningkatan hasil belajar siswa.