Pengaruh pembelajaran konstruktivisme dengan strategi Generative Learning terhadap hasil belajar fisika
Main Author: | Yunita |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode generatif terhadap hasil belajar fisika siswa pada konsep getaran dan gelombang. Penelitian ini dilakukan di MTs Jamiatus Sholihin pada tahun pelajaran 2010-2011. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi eksperimen. Pada penelitian ini sampel diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling dan dibagi menjadi dua kelompok, Kelas VIII 3 sebanyak 36 siswa sebagai kelompok eksperimen dengan metode generatif dan siswa kelas VIII 2 sebanyak 36 siswa sebagai kelompok kontrol dengan metode konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes objektif tipe pilihan ganda (multiple choice) dengan empat pilihan (option) yang digunakan untuk mengukur pengaruh hasil belajar fisika siswa pada konsep getaran dan gelombang. Untuk hasil uji kesamaan dua rata-rata posttest pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol diperoleh harga thitung sebesar 8,4761 dan ttabel sebesar 1,6688. Hasil pengujian diperoleh menunjukkan bahwa t hitung > t tabel. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima pada taraf kepercayaan 95%, hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata skor posttest kelompok eksperimen dengan rata-rata skor posttest kelompok kontrol, dapat diartikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penerapan metode pembelajaran generatif terhadap hasil belajar siswa.