pengaruh pendekatan pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) terhadap hasil belajar fisika siswa (quasi eksperimen di SMP al-Fath Cirendeu)
Main Author: | USWADI, Aos |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilakukan di SMP Al-Fath Cirendeu tahun pelajaran 2010/2011. Data hasil istrumen tes dianalisis menggunakan analisis statistik berupa uji perbandingan nilai posttest kedua kelompok yaitu uji-t, sedangkan data hasil instrumen nontes dianalisis menggunakan analisis deskriptif, yang bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas siswa pada kelompok yang diberi perlakuan dengan penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) (kelompok eksperimen). Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan uji-t pada taraf signifikansi ???????????? = 0,05), didapatkan thitung lebih besar dari ttabel yaitu 1,78 > 1,66, sehingga hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima, maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar fisika, sedangkan hasil perhitungan instrumen non tes menggunakan analisis deskriptif, diperoleh hasil observasi aktivitas siswa pada setiap aspek CTL mencapai rata-rata 73,78%, yaitu memiliki kategori baik. Kata kunci : CTL, pendekatan kontestual , hasil belajar fisika.