Pengaruh media cd interaktif savvy e-learning terhadap hasil belajar siswa pada konsep gerak tumbuhan (Kuasi eksperimen di MTs Negeri 3 Jakarta)
Main Author: | Indah Pratiwi |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media CD interaktif Savvy e-Learning terhadap hasil belajar siswa pada konsep gerak tumbuhan. penelitian ini dilakukan di MTs Negeri 3 jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain randomized pretestposttest control group design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling dan adapun penentuan kelas eksperimen dan kelas kontrol dilakukan secara acak (random). Sampel penelitian berjumlah 35 siswa untuk kelas eksperimen dengan menggunakan media CD interaktif Savvy e-Learning dan 35 siswa untuk kelas kontrol dengan menggunakan media power point. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar yang berupa tes objektif berbentuk pilihan ganda yang telah diuji validates dan reliabilitasnya. Analisis pada kedua kelompok menggunakan uji t, diperoleh hasil thitung 2,86 dan ttabel taraf signifikan ?= 0,05 sebesar 2,02, maka thitung > ttabel. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh media CD interaktif Savvy e-Learning dalam konsep gerak tumbuhan.