Pengaruh model pembelajaran resiprocal teaching terintegrasi mind mapping terhadap hasil belajar siswa SMA Kelas XI pada konsep sistem sirkulasi (kuasi eksperimen di SMA Negeri 11 Tangerang Selatan)

Main Author: Awwalia Maulvi Laili
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran resiprocal teaching terintegrasi mind mapping terhadap hasil belajar siswa sma kelas XI pada konsep sistem sirkulasi. Penelitian ini dilakukan di SMAN 11 Tangerang Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian one group pretest-postest design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random. Sampel penelitian berjumlah 30 siswa untuk kelas eksperimen, dan 30 siswa untuk kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar, yang berupa tes pilihan ganda yang telah di uji validitas dan reabilitasnya. Analisis data kedua kelompok menggunakan uji t, diperoleh hasil thitung 2,06 dan ttabel pada taraf signifikan ?=0.05 sebesar 1,6716, maka thitung > ttabel. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran resiprocal teaching terintegrasi mind mapping terhadap hasil belajar siswa sma kelas XI pada konsep sistem sirkulasi