Perbedaan penngktan hasil belajar biologi siswa antara yang diajar melalui pembelajaran kooperatif teknik jigsaw dengan pembelajaran konvensional: Kuasi eksperimen di SMP YP Mulia
Main Author: | Jajang Sunarya |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan peningkatan hasil belajar biologi siswa antara yang diajar melalui pembelajaran kooperatif teknik jigsaw dengan pembelajaran konvensional. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Menengah Pertama Yayasan Pendidikan Mulia Pondok Pinang, Jakarta Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain two group pre-test-post-test. Sampel penelitian berjumlah 22 orang untuk kelas eksperimen I dan 22 orang untuk kelas Eksperimen II. Pengambilan data menggunakan instrumen tes hasil belajar berbentuk pilihan ganda yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh hasil belajar biologi pada konsep organisasi kehidupan menggunakan pembelajaran kooperatif teknik Jigsaw. Analisis data menggunakan uji t, data hasil penghitungan perbedaan rata-rata postest kedua kelompok diperoleh nilai t hitung sebesar 2.317 sedangkan t tabel dengan taraf signifikansi 5% dengan derajat kebebasan (dk 42) = 2.08, maka dapat dikatakan bahwa t hitung > t tabel berarti hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar biologi siswa antara yang diajar melalui pembelajaran kooperatif teknik jigsaw dengan pembelajaran konvensional