Penggunaan pendekatan inkuiri pada pembelajaran Biologi: Penelitian deskriptif di Madrasah Aliyah Negri Se-Jakarta Selatan

Main Author: Aan Arnasari
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran penggunaan pendekatan inkuiri pada MA Se-Jakarta Selatan. Penelitian dilakukan dengan teknik survey pada 5 Madrasah Aliyah Negeri (MAN) dan 1 Madrasah Aliyah Swasta (MAS) di Jakarta Selatan. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa dari salah satu kelas XI IPA dan salah satu guru biologi kelas XI IPA. Penggunaan pendekatan inkuiri diambil dengan menggunakan lembar kuesioner, lembar wawancara, lembar observasi dan dokumentasi RPP yang terkait dengan penerapan pendekatan inkuiri. Data penelitian yang didapat bahwa semua sekolah telah menerapkan pendekatan inkuiri dan hasil analisis dokumentasi yang disertai observasi menunjukkan sebagian besar sekolah menerapkan pendekatan inkuiri terstruktur. Hal ini diperkuat dengan hasil analisis dokumentasi kelengkapan RPP dengan kemunculan indikatorindikator inkuiri secara eksplisit yang termasuk kategori cukup, hasil kuesioner yang menunjukkan bahwa persepsi guru terhadap penggunaan pendekatan inkuiri dengan kategori baik dan dibenarkan dengan jawaban kuesioner siswa dengan kategori baik.