Peningkatan hasil belajar biologi pada konsep klasifikasi makhluk hidup melalui pembelajaran Learning Circle 5E (Engagement, exploration, explanation, elaboration, evaluation): penelitian tindakan kelas di kelas VII MTs Muhammadiyah 1 Ciputat
Main Author: | Ai Rahmatussa'adah |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan hasil belajar biologi pada konsep Klasifikasi Makhluk Hidup melalui model pembelajaran Learning Cycle (LC 5E) pada kelas VII di MTs Muhammadiyah 1 Ciputat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini terdiri atas dua siklus dan pada tiap siklusnya terdiri atas tiga tahap, yaitu: perencanaan, penerapan, dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Learning Cycle (LC 5E) berhasil mencapai kriteria ketuntasan. Analisis data menunjukan bahwa terdapat perbedaan signifikan pada hasil belajar siswa antara post-test I dan post-test II. Rata-rata hasil belajar siswa pada post-test I adalah 66,83 dengan persentase keberhasilan sebanyak 53,33%. Sementara pada post-test II hasil meningkat menjadi 74 dengan persentase keberhasilan sebanyak 83,33%. Rata-rata aktivitas siswa pada siklus I adalah 65,42%. Sedangkan pada siklus II rata-rata aktivitas siswa meningkat menjadi 77,88%. Berdasarkan hasil penelitian, penulis dapat menyimpulkan bahwa model pembelajaran Learning Cycle (LC 5E) dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa pada konsep klasifikasi makhluk hidup.