Pengaru model problem base learning (PBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa: quasi eksperimen di SMA Islam YASPIA
Main Author: | DAHLIA, Ida |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning (PBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Islam YASPIA Bekasi. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian nonrandomized control group pre-test post-test design. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan purpossive sampling. Sampel penelitian berjumlah 29 orang (kelompok eksperimen) dan 27 orang (kelompok kontrol). Instrumen penelitian berupa tes essay dan nontes berupa angket. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai ratarata postes kelompok eksperimen sebesar 51,2 dan kelompok kontrol sebesar 37,03. Dari hasil uji�t, diperoleh t hitung sebesar 3,09, sedangkan t tabel dengan taraf signifikansi 5% dan derajat kebebasan (dk) = 54 sebesar 2,00 (t hitung > t tabel), maka hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model problem based learning (PBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa.