Perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran ARCS, quantum learning dan stad dalam pembelajaran biologi (quasi eksperimen di SMA Negeri 6 Tangerang Selatan)
Main Author: | Elsa Suci Mutiara |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran ARCS, Quantum Learning dan STAD dalam pembelajaran biologi. Metode yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain quasi eksperimental jenis pretest-posttest control group design. Prosedur yang dilakukan dengan pemberian pretest, pelaksanaan pembelajaran, pemberian posttest, dan penarikan kesimpulan hasil penelitian. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 3, XI IPA 4 dan XI IPA 5 SMA Negeri 6 Tangerang dengan jumlah 36 orang siswa pada setiap kelas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rerata hasil belajar siswa yang diperoleh melalui posttest pada kelas ARCS sebesar 80,10, 83,74 pada kelas quantum learning dan 78,91 pada kelas STAD. Berdasarkan hasil pengujian anava satu jalur ketiga kelas eksperimen, diperoleh nilai Fempirik > Fteoritik (43,02 > 3,08) pada taraf signifikansi 0,05 dan (43,02 > 4,81) pada taraf signifikansi 0,01, artinya terdapat perbedaan signifikan rerata nilai posttest antara ketiga kelas eksperimen. Adapun berdasarkan hasil perhitungan uji dunnet didapatkan hasil bahwa rata-rata hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Quantum Learning lebih tinggi dari kelompok ARCS dan STAD.