Teaching the present perfect tense by using the game (FIND Someone WHO): a classroom action resarch at VIII grade students of MTs Soebono Mantofani Jombang Ciputat

Main Author: HAYAT, Eka Nurul
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Daftar Isi:
  • Penelitian ini ditujukan untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam materi present perfect tense yg dilaksanakan di kelas 8.2 MTs Soebono Mantofani Jombang Ciputat, tahun akademik 2010/2011 sebagai subjek penelitian. Penelitian ini dilaksanakan selama 2 minggu. Penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian tindakan kelas. Penulis bekerjasama dengan guru bahasa Inggris dalam melaksanakan penelitian ini. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan model Kurt Lewin. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus dimana setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Dalam mendapatkan data, penulis menggunakan metode kualitatif and kuantitatif. Data kualitatif didapatkan melalui observasi dan interview, sedangkan data kuantitatif didapatkan melalui tes (pre tes dan pos tes), lembar obsrevasi yang diisi oleh observer dan kuosioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan pemahaman siswa tenttang present perfect tense. Hal ini dapat dilihat dari hasil tes siswa. Hasil pretest menunjukkan bahwa skor mean pretes adalah 32.4. Sedangkan skor mean postes siklus 1 adalah 64.3 dan skor mean postes siklus 2 adalah 71,8. Selanjutnya, hasil pre tes menunjukkan hanya ada 2 siswa atau 6.9 % yang mencapai nilai KKM sedangkan dalam postes siklus 1 ada 21 siswa atau 72.4% siswa mencapai nilai KKM dan 29 siswa atau 93.5% telah mencapai nilai KKM pada posttest siklus 2. Dari data hasil kuosioner diketahui bahwa 80.6% siswa memberikan respon positif dalam penerapan game find some who. Selain itu, dari hasil observasi dan interview diketahui bahwa ada peningkatan pemahaman siswa tentang present perfect tense dan siswa lebih termotivasi dan tertarik dalam belajar present perfect tense. Dari semua hasil data yang telah didapat, dapat disimpulkan bahwa pemahaman siswa meningkat setelah diterapkannya game find who.