An analysis on grammatical errors in students' recount text writing: a case study at the second grade students of MAN 10 Jakarta

Main Author: Evayani
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kesalahan gramatika yang paling banyak dibuat oleh siswa kelas dua MAN 10 Jakarta dalam tulisan teks recount dan untuk mengidentifikasi penyebab kesalahan-kesalahan itu. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 30 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisa deskriptif. Pertama, Siswa diberikan tes menulis esai writing. Setelah itu, data diidentifikasi dan dikelompokkan berdasarkan klasifikasi kesalahan gramatika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa verb tense adalah kesalahan yang paling banyak terjadi yang dibuat oleh siswa. Jumlah kesalahan yang terjadi adalah 75 dengan persentase 34%. Kesalahan kedua yang paling banyak adalah capitalization dengan total kesalahan 74 atau 22%. Kesalahan ketiga sebanyak 34 atau 10% dari word form, 30 atau 8.9% dari spelling, 27 atau 8% dari omit a word, 25 atau 7.4 dari word choice dan add a word, 23 atau 6.8% dari singular-plural, 10 atau 3% dari word order, 8 atau 2.3% dari meaning not clear, 7 atau 2% dari punctuation dan 0% dari article, incomplete sentence and run-on sentence. Kesalahan itu diduga karena siswa masih menyerap sistem bahasa baru mereka, perbedaan tenses, perubahan kata kerja dan juga logika berpikir mereka. Jadi dapat disimpulkan bahwa kesalahan paling banyak dilakukan oleh siswa disebabkan oleh intralingual transfer.