Improving students� understanding of recount text through group work technique (a classroom action research in the second grade of SMPN 56 Jakarta)

Main Author: Carnisah
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman membaca teks recount siswa kelas delapan SMPN 56 Jakarta melalui tehnik kerja kelompok. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan menggambarkan penggunaan Kerja Kelompok dalam meningkatkan pemahaman membaca teks recount. Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah rendahnya pemahaman membaca teks recount yang diperoleh oleh siswa kelas delapan SMPN 56 Jakarta. Dengan demikian, para siswa tidak bisa lulus kriteria kelulusan minimum (KKM). Metode penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian tindakan kelas (PTK) untuk mengidentifikasi dan memecahkan masalah pemahaman membaca siswa. Dalam penelitian tindakan kelas ini, penulis mengimplementasikan desain Kurt� Lewin�s yang terdiri dari empat tahapan (Perencanaan, Tindakan, Pengamatan, dan Refleksi). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-A SMPN 56 Jakarta, tahun ajaran 2012/2013. Jumlah siswa adalah 40. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan lembar observasi. Dua teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah data kualitatif. Data kualitatif meliputi observasi dalam aktivitas fisik siswa dalam kelas dan lembar survey yang diberikan kepada siswa sebagai penunjang dalam pengumpulan data kualitatif.. Dalam menganalisis data kualitatif, skala peringkat digunakan untuk mengukur pengamatan aktivitas siswa selama proses belajar mengajar. Sementara itu, dalam menganalisis data angka, beberapa rumus statistik digunakan. Temuan dari penelitian ini adalah: 1. Terkait dengan hasil tes, terdapat 20% atau 8 siswa lulus KKM pada tes sebelum siklus, 47.5% atau 19 siswa lulus KKM pada tes siklus 1 dan 80% atau 32 siswa lulus KKM pada test siklus 2. 2. Terkait dengan hasil observasi, siswa lebih aktif dan tertarik dalam kegiatan pembelajaran membaca di kelas dengan menggunakan tehnik Kerja Kelompok. Siswa juga dapat bekerja sama dengan baik dalam kelompok mereka masing-masing. Terkait dengan itu, maka dapat diketahui bahwa pemahaman siswa membaca dalam hal teks recount dapat berkembang dan guru terbantu dalam menemukan strategi yang tepat dalam mengajar membaca teks recount