An analysis on the content validity of english summative test of Senior High School: A case study at the first grade students of SMK Grafika Yayasan Lektur
Main Author: | Mustamil Arifin |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Evaluasi memainkan peranan penting dalam kegiatan belajar mengajar. Ini merupakan bagian integral dari program pembelajaran. Melalui evaluasi, guru dapat mengetahui efektivitas atau kegagalan metode dan juga prestasi siswa dalam menguasai pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah validitas isi tes sumatif bahasa Inggris telah sejalan dengan silabus terkini dari Kurikulum Berbasis Sekolah. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas satu SMK Grafika Yayasan Lektur, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Sesuai untuk tes sumatif bahasa Inggris yang telah sejalan dengan silabus terkini dari Kurikulum Berbasis Sekolah, dapat dilihat dari kesesuaian dengan tema, membaca dan menulis keterampilan fungsional. Temuan dari penelitian ini menyatakan bahwa validitas isi sumatif tes bahasa Inggris yang dibuat oleh guru bahasa Inggris untuk semester genap siswa kelas X tahun ajaran 2011/2012 tidak mencapai validitas yang baik atau dapat dianggap sebagai uji validitas rendah. Berdasarkan penemuan di atas, dapat diusulkan bahwa (1) Guru bahasa Inggris perlu mengikuti silabus terkini dari Kurikulum Berbasis Sekolah, (2) Guru bahasa Inggris perlu memilih materi di dalam buku teks bahasa Inggris berdasarkan silabus yang terakhir, dan (3) Guru juga perlu menulis kisi-kisi soal sebelum merancang test