An error analysis of students' ability in using gerund: A case study at the second year students of SMK Taman Ilmu Depok

Main Author: Muhammad Chotib Firdaus
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan dan mengidentifikasi beberapa kesalahan yang dilakukan siswa dalam menggunakan gerund, jenis kesalahan-kesalahan siswa dalam menggunakan gerund, kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan siswa, dan penyebab kesalahan-kesalahan siswa dalam menggunakan gerund. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode kualitatif dalam bentuk analisis deskriptif (persentase) termasuk observasi, mengumpulkan hasil tes siswa, menganalisis, dan mengumpulkan data. Dalam mengumpulkan data, peneliti melakukan pengamatan, tes siswa dan interview sebagai instrumen. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI (sebelas) SMK Taman Ilmu Depok. Penulis memberikan 32 soal kepada 30 siswa, dari 32 soal tersebut terdiri dari 8 soal dalam bentuk gerund as subject of a sentence, 8 soal dalam bentuk gerund as object of preposition, 8 soal dalam bentuk gerund as direct object of certain verbs, dan 8 soal dalam bentuk gerund as the complement of a sentence. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 96 kesalahan atau 16,25% siswa melakukan kesalahan dalam menggunakan gerund as subject of a sentence, 148 kesalahan atau 20,04% siswa melakukan kesalahan dalam menggunakan gerund as object of preposition, 187 kesalahan atau 31.64% siswa melakukan kesalahan dalam menggunakan gerund as direct object of certain verbs, dan 160 kesalahan atau 27.07% siswa melakukan kesalahan dalam menggunakan gerund as the complement of a sentence. Penulis juga mengklasifikasikan tipe-tipe kesalahan yang dibuat oleh siswa. Dari 591 kesalahan, terdapat 424 kesalahan pada tipe misformation. Tipe ini menghasilkan kesalahan 71,74%. Tipe selanjutnya adalah omission, jumlah kesalahannya sebanyak 123 atau 20,81%. Tipe terakhir adalah addition. Hanya 44 atau 7,45% kesalahan pada tipe ini