Teaching past continuous Tense by using cooperative learning: A Comparative study on the use of grammar translation method and jigsaw learning of the second grade of Islamic Junior High School Sirajul Falah, Parung
Main Author: | Apriza Juliana |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah siswa kelas VIII MTs Sirajul Falah, Parung yang mempelajari Past Continuous Tense mengguanakanteknik Jigsaw sebagai salah satu teknik cooperative learningmenunjukkan perolehan nilai yang lebih baik dibandingkan dengan GTM. Penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian kuantitatif semenjak ditujukan dalam bentuk data berupa angka.Peneliti bereksperimen di dua kelas yang berbeda dengan dua teknik pengajaran yang berbeda pula.Disamping itu, peneliti menggunakan teknik Jigsaw di kelas eksperimen dan GTM di kelas terkendali (controlled class). Dalam menganalisa data, peneliti menggunakan ttest untuk menganalisa hasil perolehan tes siswa, melalui pre-test dan post-test. Di dalam penelitian ini, peneliti mengambil sample dua kelas di kelas VIII-A dan kelas VIII-B.Sample tersebut berdasarkan teknik sample acak. Oleh sebab itu, kelas VIII-A sebagai kelas experiment yang menggunakan teknik Jigsaw dalam mengajarkan Past Continuous Tensesedangkan kelas VIII-B sebagai kelas terkendali menggunakan GTM dalam mengajarkan Past Continuous Tense. Hasil dari penelitian ini adalah tidak adanya efek yang signifikan terhadap siswa kelas VIII MTs Sirajul Falah, Parungdalam mempelajari Past Continuous Tense menggunakan teknik Jigsaw dan GTM. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa teknik Jigsaw dan GTM mempunyai efek yang sama terhadap siswa tersebut dalam memahami Past Continuous Tense