An analysis on students' error in using tenses: A case study at the second grade of SMK Islamiyah Ciputat
Main Author: | Nayu Hasanah |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tipe-tipe kesalahan dan sumber-sumber kesalahan siswa-siswa kelas dua SMK Islamiah Ciputat thaun pengajaran 20111/2012 dalam menggunakan tenses. Subjek penelitian adalah 35 siswa dari kelas dua akuntansi dua. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif metod yaitu penulis mendeskripsikan kondisi-kondisi nyata yang terjadi sementara ketika penelitian dilakukan. Dalam penelitian ini, data dikumpulkan melalui test dan wawancara. Instrument penelitian ini adalah 24 soal test dan 8 soal wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa kesalahan tenses tertinggi yaitu simple future tense dengan jumlah kesalahan 115 (38,98%), dan tipe kesalahan tertinggi yaitu misformation dengan jumlah kesalahan 243 (82,37%). Sebaliknya, kesalahan tenses terendah yaitu simple present tense dengan jumlah kesalahan 85 (28,81%), dan tipe kesalahan terendah yaitu omission dengan jumlah kesalahan 7 (2.37%). Sementara itu sumber kesalahan tertinggi yaitu interlingual transferdenganjumalah kesalahan 237 (80,34%), dan sumber kesalahan terendah yaitu intralingual transferdengan jumalah kesalalahan 58 (19,66%). Berdasarkan kesalahan-kesalahan yang siswa buat, bisa disimpulkan bahwa beerapa siswa-siswa tidak bisa menggunakan tenses dengan baik.