Error analysis on using �-ing� Form in gerund and present participle (a case study at the second grade students of SMA 1 Cigombong)
Main Author: | Hermida Widyani |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan mengetahui jenis dan penyebab kesalahan dalam menggunakan gerund dan present participle. Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif tentang kesalahan siswa dalam menggunakan gerund dan present participle di SMAN 1 Cigombong dengan mengambil 40 siswa sebagai sampel. Selain menganalisa kesalahan mereka dalam menggunakan gerund dan present participle, penulis juga meneliti dan menjabarkan tentang penyebab kesalahan yang dilakukan oleh siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini, siswa SMAN 1 Cigombong masih melakukan kesalahan dalam menggunakan gerund dan present participle. Penulis menemukan bahwa 40.5% siswa masih melakukan kesalahan dalam gerund dan 39.5% siswa juga melakukan kesalahan dalam present participle. Data analisis menunjukan bahwa siswa membuat kesalahan dalam overgeneralization atau penyamarataan berlebihan (68.65%), ignorance of rule restriction atau ketidaktahuan atas pembatasan kaidah (13.4%), incomplete application atau penerapan kaidah yang tidak sempurna (10.6%) dan false concept hypothesized atau salah menghipotesiskan konsep (7.21%). Hal ini disebabkan oleh pengaruh bahasa ibu (24.13%), penyamarataan berlebihan (68.5%) dan konteks dalam belajar (7.21%)