The effectiveveness of mind map technique in learning reading comprehension of narrative text: a quasi-experimental study at the second year students of SMPN 13 Kota Tangerang Selatan

Main Author: Ika Yuli Astuti
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk melihat keefektifan penggunaan teknik Mind Map dalam mengajarkan membaca pemahaman teks cerita di kelas delapan SMPN 13 Kota Tangerang Selatan dan juga untuk membantu guru Bahasa Inggris dalam menciptakan kegiatan-kegiatan yang interaktif dalam mempelajari membaca pemahaman teks cerita. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen semu. Desain penelitian eksperimen semu yang dipakai adalah desain kelas kontrol tak setara. Dalam hal ini berarti bahwa terdapat dua kelas yang diajarkan dengan menggunakan dua teknik yang berbeda. Kelas eksperimen diajarkan dengan menggunakan teknik Mind Map sedangkan kelas kontrol diajarkan dengan tanpa menggunakan teknik Mind Map. Kemudian, penelitian ini dilaksanakan melalui langkah-langkah berikut: pemberian pre-test, pelaksanaan tindakan penelitian, dan pemberian post-test. Data yang diteliti dalam penelitian ini dikumpulkan melalui observasi, interview, dan tes. Hasil yang didapat dalam penelitian ini membuktikan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa dalam mempelajari membaca pemahaman teks cerita dengan menggunakan teknik Mind Map dan dengan tanpa menggunakan teknik Mind Map. Berdasarkan hasil perhitungan statistik, dapat diketahui bahwa nilai rata-rata dari nilai perolehan pada kelas eksperimen adalah 24.75, dan nilai rata-rata dari nilai perolehan pada kelas kontrol adalah -5.5. Di samping itu, analisis data menunjukkan bahwa t-hitung (t0) adalah sebesar 6.43 dan t-tabel (tt) pada taraf signifikan 5% adalah sebesar 2.68. Sehingga, itu berarti bahwa t-hitung lebih besar dari t-tabel. Dan dapat disimpulkan bahwa teknik Mind Map dapat dengan efektif digunakan untuk mengajar membaca pemahaman teks cerita.