Peningkatan Kemampuan Menulis Narasi dengan Media Gambar Seri pada Siswa Kelas X.8 SMA Negeri 1 Leuwiliang Kabupaten Bogor

Main Author: Hilda Dwi Oktaviani.
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Daftar Isi:
  • Narasi pada siswa kelas X.8 SMA Negeri 1 Leuwiliang Kabupaten Bogor dengan media gambar seri. Berdasarkan observasi awal yang dilakukan penulis keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas X.8 SMA Negeri 1 Leuwiliang Kabupaten Bogor masih kurang. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah teknik dan metode yang digunakan guru kurang menarik dan kurang variatif. Untuk mengatasi masalah tersebut, digunakan media gambar seri. Penelitian ini difokuskan pada: 1) Peningkatkan kemampuan proses pembelajaran menulis karangan narasi siswa kelas X.8 SMA Negeri 1 Leuwiliang Kabupaten Bogor dengan media gmbar seri. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) terdapat peningkatan dalam proses pembelajaran menulis narasi setelah diadakan tindakan kelas dengan media gambar seri. Hal itu dapat ditunjukkan pada kegiatan pratindakan hanya 35% meningkat pada siklus I menjadi 50% dan lebih meningkat lagi pada siklus II menjadi 86,8%. (2) terdapat peningkatan dalam menulis narasi setelah diadakan tindakan kelas dengan media gambar seri. Hal itu dapat ditunjukkan dengan meningkatnya kemampuan menulis narasi siswa sebelum dan sesudah tindakan. Pada siklus I didapatkan bahwa dari jumlah siswa 38, hanya 10 orang yang mendapatkan nilai skor minimal 10 sedangkan pada siklus II 33 siswa dari 38 mendapat skor minimal 15 dan 5 siswa mendapatkan skor maksimal 20, dalam penguasaan penggunaan ejaan sudah tepat, lalu pada aspek tanda baca juga sudah memenuhi kriteria penilaian sedangkan pada aspek penggunaan kosa kata dan struktur kalimat cukup mengalami peningkatan yang berarti. Pada aspek hubungan judul dan isi karangan sudah memenuhi syarat menjadi karangan yang utuh dengan penceritaan gambar secara kronologis.