Penerapan metode Iqra dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur�an Pada Tingkat Pemula di SDN 11 Petang Malaka Sari Kecamatan Duren Sawit Jakarta Timur Tahun 2012

Main Author: Sobikhin
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk (1) menggambarkan ketepatan penerapan Metode Iqra? dalam setiap tahap pembelajaran al-Qur?an, dan (2) untuk mengetahui efektivitas metode Iqra? dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur?an bagi para pemula. Penelitian dilaksanakan di SDN 11 Petang Malaka Sari Kecamatan Duren Sawit Jakrta Timur. Metode penelitin yang digunakan adalah metode deskriptif yakni untuk menggambarkan penerapan Metode Iqra dalam pembelajaran al-Qur?an, sedangkan untuk menjelaskan hasil belajar membaca al-Qur?an yang menggambarkan kemampuan siswa dalam mengikuti pembelajaran membaca al-Qur?an digunakan analisis statistik secara kuantitatif. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 32 orang. Data diolah dengan menggunakan statistik deskriptif untuk menjelaskan tendensi sentral, serta statistik inferensial yakni t-tes untuk menguji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam membaca al-Qur?an mengalami peningkatan. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari rata-rata nilai post-tes sebesar 69,86 lebih besar dari rata-rata nilai pre-tes yang hanya 59,23. Dan setelah diuji dengan uji-t, diperoleh thitung : 18,02 lebih besar dari ttabel : 1,70 (? = 0,05) dan 2,46 (? = 0,01) sehigga Ho ditolak. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan Metode Iqra dapat meningkatkan kemampuan membaca al-Qur?an pada tingkat pemula.