Persepsi siswa terhadap mahasiswa Praktikan Praktik Profesi Keguruan Terpadu (PPKT) dalam kinerja pembelajaran PAI di Madrasah Aliyah Pembangunan UIN Jakarta

Main Author: Miftahun Ni�mah
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa terhadap kinerja mahasiswa Praktikan Praktik Profesi Keguruan Terpadu (PPKT) dalam proses pembelajaran PAI di Madrasah Aliyah Pembangunan UIN Jakarta. Adapun yang dimaksud dengan kinerja pembelajaran praktikan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui berbagai upaya persiapan belajar mengajaran dan proses yang dilakukan oleh mahasiswa Praktikan sebelum mereka benar-benar menjadi guru yang profesional dalam bidangnya masing-masing, sehingga kelak nanti mahasiswa sudah siap menghadapi anak didik disekolah. Semakin baik atau semakin professional mahasiswa PPKT dalam proses belajar mengajar maka semakin baik pula hasil belajar mengajar. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode deskriptif kuantitatif, hasil penilaian ini dideskripsikan untuk mengetahui sejauh mana praktikan PPKT UIN dalam kinerja proses pembelajaran pada pelajaran PAI. Penulis juga memberikan himbauan kepada pihak pengelola sekolah hendaknya selalu memberikan motivasi dan dukungan kepada guru di lapangan, dalam hal ini khususnya penyediaan sarana dan prasarana pengajaran yang dibutuhkan oleh guru agar mendukung kualitas dan proses pembelajaran yang dilakukan, dan kepada para guru khususnya guru PPKT, hendaknya selalu memberikan perhatian dan dukungan penuh kepada siswa/I agar selalu semangat dan tetap memiliki motivasi yang tinggi dalam belajar, serta kepada pihak guru hendaknya selalu memberikan inovasi-inovasi baru yang berkenaan dengan pendidikan dan pengajaran agar selalu terampil dan komunikatif dalam proses pembelajaran. Dengan adanya koordinasi yang baik antara pihak sekolah sebagai penyelenggara dengan para guru PPKT (Mahasiswa) yang melaksanakan tugas akhir sebagai syarat salah satu kompetensi yang harus diselesaikan, agar bisa mengembangkan ilmu yang telah di dapat selama mengikuti perkuliahan dikampusnya, dapat mengajar secara maksimal dan optimal agar kelak ketika setelah lulus menjadi sarjana bisa menunjukkan kemampuannya dalam mengajar di bidang yang di tekuninya