Nilai-nilai pendidikan akhlak yang terkandung dalam kitab al-Barzanzi karya Syekh Ja�far al-Barzanzi
Main Author: | Lutfi Kamil Maulana |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Karya sastra mempunyai pengaruh dan peranan dalam pembentukan kepribadian seorang pembacanya karena di dalam karya sastra mengandung pesan atau hikmah yang mana seseorang bisa berbuat baik sekaligus bisa berbuat tidak baik tergantung apa yang dia baca. Kitab Iq�d al-Jawahir karya Syekh Ja�far ibn Hasan ibn Abdul Karim ibn Muhammad al-Barzanzi (1690-1766 M) adalah merupakan sastra arab yang berisi tentang biografi Nabi Muhammad SAW. Penulis melatarbelakangi penelitian ini karena penulis mengamati setiap hari-hari tertentu di tempat daerah asal penulis sendiri dan pesantren-pesantren yang di mana penulis pernah menuntut ilmu agama fungsi barzanzi hanya sebatas dibaca semata sebagai sikap penghormatan kepada Rasulullah SAW tapi tidak memahami isi daripada barzanzi itu sendiri karena mereka tidak faham kitab barzanzi yang berbahasa arab itu dan pada gilirannya di mana pesan-pesan yang ada di dalam kitab barzanzi tidak diamalkan, tetapi tidak menutup kemungkinan di daerahdaerah dan pesantren-pesantren lain berbeda (diamalkan) dengan apa yang penulis rasakan. Penulis dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif sehingga hasil penelitiannya berupa interpretasi dan kata-kata, sedang dilihat dari jenis tempatnya penulis menggunakan library research (kajian pustaka) dengan menjadikan kitab Majmu�ah Maulud Syarrafal al-Anam yang masih menggunakan bahasa arab dengan menjadikannya sebagai data primer. Sedangkan proses pengumpulan datanya penulis menggunakan metode dokumentasi yaitu suatu cara pencarian data mengenai hal-hal atau variabel berupa catatan, transkrip, buku, surat kabar, majalah, prasasti, notulen rapat, agenda, dan sebagainya kemudian data tersebut dianalisa dengan teknik conten analysis yaitu menelaah dan mengungkapkan catatan-catatan atau dokumentasi sebagai sumber data untuk dianalisa sesuai dengan yang dibutuhkan sehingga dapat diambil sebuah kesimpulan. Terkait nilai-nilai pendidikan akhlak yang terkandung di dalam kitab al-Barzanzi di mana menurut kajian teori yang didapatkan oleh penulis menyebutkan bahwa dilihat dari ruang lingkupnya pendidikan akhlak meliputi pertama, akhlak kepada Allah SWT di antaranya memuji nama-Nya, bertawakkal, berbaik sangka dan kedua, akhlak kepada makhluk baik manusia maupun selain manusia (hewan, tumbuh-tumbuhan dan sumber daya alam) di antara akhlak kepada manusia adalah akhlak kepada Nabi SAW, akhlak kepada orang tua dan akhlak terhadap diri sendiri. Penulis mendapatkan hasil penelitiannya berupa, pertama akhlak kepada Allah SWT yaitu menyucikan dan memuji asma-Nya, memohonkan ridho, memohonkan hidayah, tawakkal, dan bersyukur, kedua akhlak kepada Rasulullah SAW yaitu membacakan shalawat ketika disebutkan namanya ketiga akhlak kepada diri sendiri yaitu malu, tawadhu�, pemaaf, zuhud, dan kasih sayang, keempat berkeluarga yaitu memilih pasangan hidup dengan melihat agamanya dan memberikan nama yang baik kepada anak dengan menggunakan nama muhammad, Abdullah dan abdurrahman. kelima, akhlak kepada tetangga yaitu saling berbagi dan saling menyayangi. Terakhir adalah akhlak bermasyarakat yaitu bermusyawarah, berani kepada yang bathil, dan berkata jujur walaupun dalam kondisi bergurau. Demikianlah penulis paparkan beberapa poin-poin penting yang berhasil penulis temukan dalam kitab al-Barzanzi karya Syekh Ja�far al-Barzanzi dalam konteks nilai pendidikan akhlak. Semoga apa yang telah penulis tuangkan dalam skripsi ini bermanfaat bagi yang ingin memperluas wawasannya