Pengaruh pemanfaatan media pembelajaran terhadap prestasi belajar Al-Qur�an Hadist di Madrasah Aliyah Unwanul Falah Sentul Bogor
Main Author: | Andi Supardi |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: pemanfaatan media pembelajaran oleh guru al-Qur�an Hadist dan mengetahui prestasi belajar al- Qur�an Hadist siswa di Madrasah Aliyah Unwanul Falah Sentul Kecamatan Babakanmadang Kabupaten Bogor. Penelitian ini bertolak dari pemikiran bahwa prestasi belajar al-Quran Hadits, sebagian di antaranya dapat dicapai oleh pemanfaatan media pembelajaran. Adapun hipotesis yang diajukan yaitu semakin baik pemanfaatan media pembelajaran, maka semakin besar pula prestasi belajar al-Quran Hadits yang didapat, begitu pula sebaliknya. Secara umum, penelitian bersifat empirik dengan menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, studi kepustakaan, angket dan test. Sedangkan analisis kuantitatif dengan menggunakan analisis korelasi. Adapun sampel yang diteliti yaitu 41 orang siswa sebagai responden. Hasil perhitungan statistik diketahui bahwa: a) berdasarkan rekapitulasi skor variabel X tentang Pemanfaatan Media Pembelajaran didapatkan hasil ratarata persentase terendah 11,06% siswa menjawab tidak pernah, 18.05% siswa menjawab sering, 19,27% siswa menjawab kadang-kadang, dan 51,62% siswa menjawab selalu. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa Pemanfaatan Media Pembelajaran oleh guru dianggap baik; b) berdasarkan rekapitulasi nilai variabel Y tentang Prestasi Belajar al-Qur�an Hadist didapatkan perolehan nilai ulangan siswa kelas XII MA Unwanul Falah yaitu : nilai terendah 70, nilai tertinggi 85 dan nilai rata-rata 75. Dengan demikian prestasi belajar al-Qur�an Hadist di MA Unwanul Falah tergolong baik; c) korelasi kedua variabel termasuk pada kualifikasi korelasi rendah atau lemah dengan nilai (0,34) sehingga berada di rentang 0,20-0,40. Artinya prestasi belajar al-Qur�an Hadist tidak hanya dipengaruhi oleh efektif tidaknya pemanfaatan media pembelajaran tetapi dipengaruhi oleh faktor-faktor lainnya