Upaya guru PAI untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran fiqih ibadah melalui metode demonstrasi: Studi kasus di MI Nurul Ikhwan Tanjung Priok Jakarta Utara

Main Author: Yanti Nggulang Sari
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Daftar Isi:
  • Berdasarkan masalah mengenai masih rendahnya hasil belajar siswa terutarna pada pelajaran fiqih, maka mendorong penulis untuk melakukan penelitian tentang bagaimana hasil belajar siswanya khususnya pada pelajaran fiqih melalui metode demontrasi, penulis melakukan penelitian di MI Nurul Ikhwan Tanjung Priok Jakarta Utara untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas VI di MI dan bagaimana upaya guru fiqih dalam meningkatkan hasil belajar melalui metode demontrasi. Dalam penelitian ini penulis mengamati upaya guru fiqih dalam malakukan pelaksanaanp embelajaranfiqihd i kelag yang terdiri dari tiga tahapan,y aitu tahapanp erencanaant,a hapanp rosesp elaksanaand an tahapan evaluasilpenilaiand ari hasil pengamatan/observasdia pat diketahui bahwa ketiga tahapanp elaksanaanp embelajarany ang dilakukan guru fiqih di MI Nurul lkhwan Taqiung Priok adalah bailg karena sebagian besar komponCIr-komponeny ang telah ditentukan dalam pelaksanaan pembelajaran telah terlaksana dengan baik meskipun ada beberapa komponen yang belum terlaksana dengan baik dan bellum maksimal, dari hasil pembelajaran yang baik maka diperoleh siswa yang baik pula. Hal ini dapat dilihat dari hasil ulangan siswa yang sudah mencapai nilai KKM yang ditentukan yaitu 60. Hasil belajar (pemahaman tentang fiqih) siswa juga mencapai nilai rata-rata kelas 7,00, selain dari hasil observasi, penulis juga melakukan wawancara dengan guru fiqih mengorai sholat,siswa melalui metode demontrasi. Hasilnya menunfukkan baik dengan fata-rata 60 % atau suddt mencapai KKM sehingga dapat disimpulkan bahwa pros�s pembelajaran fiqih ibadsh tentang sholat melalui metode demontrasi sudah berjatan dengan baik dan terjadi peningkatan hasil belajar.