Peranan Guru Pendidikan Agama Islam terhadap Pembentukan Kepribadian Siswa di SMP Fatahillah Jl. Ciputat Raya No.5 Pondok Pinang Kebayoran Lama Jakarta Selatan

Main Author: Rifa Rizkia Baliati
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan Metode Tekhnik Deskriptif, yang bertujuan untuk menggambarkan secara umum tentang apa, bagaimana pendidikan Agama Islam dan kepribadian siswa SMP Fatahillah Pondok Pinang Kebaayoran Lama Jakarta Selatan. Dalam mengumpulkan data sebagai bahan penelitian, penulis menggunakan tekhnik-tekhnik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan penyebaran angket, dari data yang telah penulis peroleh kemudian diolah dengan rumus prosentase. Penelitian ini dilaksanakan dari bulan Februari sampai Juli 2012. Dalam penelitian ini menggunakan sample sebanyak 40 orang, sedangkan yang dijadikan sumber data dalam penelitian ini adalah Kepsek SMP Fatahillah Pondok Pinang Kebayoran Lama Jakarta Selatan, Guru mata pelajan Pendidikan Agama Islam dan siswa-siswi SMP Fatahillah Pondok Pinang Kebayoran Lama Jakarta Selatan . Instrument yang diberikan berupa angket yang berjumlah 30 butir soal pertanyaan. Pertanyaan atau angket yang diberikan kepada responden terbagi menjadi 2 kategori yang terdiri atas: Kategori A terdiri dari 15 pertanyaan dan kategori yang B terdiri dari 15. Dengan memeriksa table nilai �r� product moment ternyata df sebesar 38 Pada taraf signifikan 5% r tabel = 0,325 ; sedangkan pada taraf signifikan 1 % diperoleh r tabel = 0,418. Maka , hasil yang didapat adalah �r� hitung lebih besar baik pada taraf signifikan 1% (0,414004 > 0,418) maupun 5% (0,414004 > 0,325). Dengan demikian dapat diketahui, Hipotesis Nihil (Ho) diterima sedangkan Hipotesis Alternatif (Ha) ditolak. Berarti terdapat korelasi positif yang signifikan antara variabel x dan variabel y. Dari perhitungan di atas diperoleh hasil koefisien determinan sebesar 17,1%, hal ini menunjukkan bahwasannya variabel X telah memberikan pengaruh terhadap variabel Y yang sangat kuat atau sangat tinggi yaitu sebesar 17,1% dan menunjukkan bahwasanya 82.9% dari konsistensi pembentukan kepribadian siswa dipengaruhi oleh faktor lain. Faktor tersebut kemungkinan dapat disebabkan oleh faktor eksternal siswa diantaranya adalah keluarga, teman, lingkungan, masyarakat dan sebagainya.