Peranan pelajaran fiqih dalam meningkatkan pelaksanaan ibadah shalat siswa dan siswi Madrasah Ibtidaiyah al-Bahri Jakarta Timur

Main Author: Aminah
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Daftar Isi:
  • Shalat pada hakikatnya merupakan sarana terbaik untuk mendidik jiwa dan mempengaruhi semangat dan sekaligus sebagai penyucian akhlak, sebagai tali penguat yang dapat mengendalikan diri. Shalat dapat bermanfaat sebagai pelipur lara dan pengaman dari rasa takut dan cemas, memperkuat kelemahan dan dapat menjadi senjata bagi yang merasa terasing.Meskipun ibadah shalat wajib hukumnya bagi umat Islam, tetapi masih banyak orang yang mengaku beragama Islam belum atau tidak melaksanakan ibadat shalat dengan berbagai alasan. Pada umumnya pelaksanaan ibadat shalat siswa Madrasah Ibtidaiyah Al- Bahri belum terlaksana sebagaimana mestinya.Partisipasi siswa-siswi dalam mengikuti ibadat shalat masih rendah atau mereka melaksanakan shalat tetapi belum memenuhi atau mematuhi rukun-rukunnya, kurang khusuk, cenderung hanya memenuhi syarat ritual. Pada sisi ini bagaimana peranan pembelajaran fiqih dapat meningkatkan ibadah shalat siswa? Jenis penelitian yang dilakukan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Populasi seluruh siswa kelas III yang berjumlah 40 siswa dan sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III Madrasah Ibtidaiyah Al-Bahri, Jakarta Timur. Hasil penelitian melalui penyebaran angket sebanyak 20 soal mengenai peranan pelajaran fiqih dalam meningkatkan pelaksanaan ibadah shalat siswa tergolong cukup dengan persentase 32%.Hasil wawancara terhadap guru fiqih dan kepala sekolah menunjukkan bahwa pembelajaran fiqih sangat berperan penting dalam meningkatkan ibadah shalat siswa.Hasilobservasi terhadap lingkungan sekolah dan proses pembelajaran fiqih menunjukkan bahwa lingkungan sekolah sangat kondusif terhadap proses pembelajaran fiqih dalam rangka meningkatkan ibadah shalat siswa.