Pengaruh strategi pembelajaran aktif tipe prediction guide terhadap hasil belajar PAI: penelitian eksperimen di SMP Islam Al-Azhar 3 Bintaro

Main Author: Rizky Alfian
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran dengan strategi pembelajaran Aktif tipe prediction guide terhadap hasil belajar PAI. Metode yang digunakan adalah penelitian quasi quasi eksperimen dengan desain Randomized control group pretest-postes design. Subyek penelitian ini adalah 74 siswa yang terdiri dari 37 siswa untuk kelas eksperimen dan 37 siswa kelas kontrol yang diperoleh dengan teknik proposive sampling pada siswa kelas VIII. Pengumpulan data setelah diberikan perlakuan diperoleh dari nilai tes kognitif yang diberikan terdiri dari 30 soal dalam bentuk pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran dengan strategi pembelajaran aktif tipe prediction guide terhadap hasil belajar PAI. Nilai rata-rata siswa yang diajarkan dengan menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe prediction lebih tinggi dari nilai rata-rata siswa yang diajar dengan menggunakan metode ceramah. Dengan demikian hasil belajar PAI dapat ditingkatkan dengan menggunakan startegi pembelajaran aktif tipe predition guide