Efektivitas Model pembelajaran kooperatif Tipe Make A Match dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqh di MTsN 13 Jakarta

Main Author: Haratul Juliyah
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Daftar Isi:
  • Penelitian bertujuan untuk mengetahui bagaimana hasil belajar fiqh siswa setelah menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match. Penelitian dilaksanakan di MTsN 13 Jakarta. Metode yang digunakan adalah eksperimen semu dengan The Post-Test Only. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan tekhnik Random Sampling. Sampel penelitian yang pertama berjumlah 31 siswa untuk kelas eksperimen dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match. Sampel yang kedua berjumlah 29 siswa untuk kelas control dengan metode Konvensional. Analisis data menggunakan uji-t dari kedua kelompok diperoleh nilai thitung sebesar 15,86, sedangkan ttabel pada taraf signifikan 5% dengan derajat kebebasan (dk) = 58 yaitu sebesar 1,67 , maka dapat dikatakan bahwa thitung > ttabel . hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar fiqh siswa yang diberikan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match lebih tinggi dibandingkan hasil belajar fiqh siswa yang diberikan metode Konvensional yaitu ceramah