Peranan pembelajaran aqidah akhlak terhadap tingkah laku siswa di MTs'N Parung
Main Author: | JAELANI, Andri |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Berkaitan kepada pendidikan yang menyeluruh dan berlandasan ketuhanan pendidikan Agama Islam merupakan suatu upaya untuk menanamkan ajaran Agama Islam kepada manusia berupa aqidah, syari?ah dan perbuatan untuk menjadi muslim yang sejati, wajib di pelajari dan di amalkan dalam kehidupan sehari-hari. Agar orang lain memiliki aqidah yang kuat dan mendalam, serta memiliki akhlak yang mulia, salah satunya adalah harus mempelajari aqidah akhlak. Dengan di pelajarinya aqidah akhlak diharapkan siswa memiliki aqidah yang kuat dan akhlak yang mulia atau budi pekerti yang baik. Kemudian untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran pada bidang studi aqidah akhlak dan keadaan tingkah laku siswanya, maka penulis mengamati proses pembelajaran yang dilakukan guru, apakah dapat menguasai materi secara kontinyu atau terus menerus kepada siswa. Sehingga dapat dipraktekkan dalam lingkungan, sekolah atau di luar sekolah. Oleh karena itu penulis mengamati proses pembelajaran yang dilakukan guru dan di tambah siswa mengisi angket sehingga menghasilkan informasi yang valid, dengan di pelajarinya aqidah akhlak di sekolah diharapkan dapat bermanfaat bagi siswa dalam kehidupan yang akan datang. Penelitian yang penulis lakukan adalah merupakan kombinasi antara penelitian kepustakaan (Library research),dan penelitian lapangan (field research) adalah penelitian yang dilakukan dengan cara terjun langsung kelapangan yaitu kepada obyek penelitian, karena dalam penelitian ini memerlukan data-data yang valid agar dapat dipertangung jawabkan kebenarannya. dengan menggunakan data-data empiris. Tujuan dari penulis ini adalah untuk mengetahui tentang pelaksanaan pembelajaran aqidah akhlak dan untuk mengetahui apakah ada pengaruh antara pembelajaran aqidah akhlak terhadap tingkah laku siswa. Setelah melakukan penelitian penulis dapat menyimpulkan bahwa pembelajaran aqidah akhlak berperan dalam rangka memperbaiki tingkah laku siswa baik di lingkungan sekolah maupun di luar sekolah. Dan dengan mempelajari aqidah akhlak juga diharapkan dapat tercapainya tujuan pendidikan yaitu menjadikan siswa yang memiliki akhlaqul karimah.