Peranan majelis ta'lim al-huda dalam meningkatkan pendidikan agama islam ibu-ibu rumah tangga di Kec.Cibuaya

Main Author: MARLINA, Lina
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peranan majelis ta�lim al-Huda dalam meningkatkan pendidikan agama Islam ibu-ibu rumah tangga. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, mengenai situasi dan kejadian. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 30 responden karena jumlah responden di majelis ta�lim al-Huda tersebut seluruhnya ada 30 jama�ah. Jadi, seluruh jama�ah tersebut dijadikan sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara ketua majelis ta�lim dan angket yang sebarkan kepada responden dengan 30 item pertanyaan. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan tabel frekuensi dan persantasenya didasarkan pada ketegori jawaban responden dengan menggunakan statika deskriptif. Kemudian hasil dari penelitian ini akan diinterpretasikan dalam bentuk narasi yang menunjukan kualitas dari gejala atau fenomena yang menjadi objek penelitian, sehingga penelitian ini tidak dimaksudkan untuk menguji hipotesa tertentu hanya menggambarkan atau melukiskan fenomena atau kenyataan sosial, dengan cara mendeskripsikan berkenaan dengan masalah yang diteliti. Dengan demikian penelitian ini menyimpulkan bahwa majelis ta�lim al-Huda memiliki peranan dalam meningkatkan pendidikan agama Islam Ibu-ibu rumah tangga yang mengikuti pengajian di majelis ta�lim tersebut. Saran yang dapat penulis sampaikan dari hasil penelitian ini diantaranya waktu pengajian di majelis ta�lim al-Huda dapat di tambah lagi, bagi ketua dan pengurus majelis ta�lim al-Huda agar lebih memperhatikan waktu pengajian tersebut agar para jama�ah bisa lebih puas dengan waktu yang disediakan. Metode dan sarana prasarana di majelis ta�lim al-Huda pun masih perlu di tingkatkan lagi. Diharapkan adanya penambahan metode dan sarana prasarana agar dapat mengatasi segala permasalahan yang dihadapi jama�ah dan materi-materi pelajaran yang diberikan pengajar dapat diserap dengan mudah oleh para jama�ah.