Efektifitas metode pembelajaran baca tulis al-qur'an (BTQ) terhadap kemampuan membaca al-qur'an siswa SMA Fatahillah Ciledug Tengerang
Main Author: | KURNIAWAN, Agung |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Al-Qur�an merupakan pedoman hidup umat Islam. Rendahnya motivasi siswa dalam belajar al-Qur�an masih merupakan salah satu penyebab rendahnya mutu pendidikan terutama dalam kemampuan membaca al-Qur�an. Salah satu upaya untuk meningkatkan motivasi belajar Baca Tulis al-Qur�an adalah dengan penggunaan metode yang sesuai yang dapat dilakukan oleh guru Baca Tulis al-Qur�an dalam kelas. Upaya Peningkatan Proses Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur�an dengan menggunakan metode pembelajaran komunikatif, yakni metode musafahah atau bertatap muka secara langsung, tidak hanya sekedar mengandalkan buku dan kitab karena tidak bisa menguraikan ucapan atau dialek yang jarang bahkan tidak pernah diucapkan. Guru bukan sebagai pusat belajar, tetapi sebagai komunikator, dan siswa sebagai komunikan. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis dan menela�ah sejauh mana efektifitas penggunakan metode pembelajaran Baca Tulis al-Qur�an terhadap kemampuan siswa dalam membaca al-Qur�an. Metode Penelitian yang penulis gunakan bersifat deskriptif analisis korelasional dengan rumus F/N x 100%, kemudian dilanjutkan dengan menngunakan rumus product moment. Penelitian dilakukan di SMA Fatahillah Ciledug Tangerang yang beralokasi di jln. Masjid IX No. 38, Kec. Sudimara Timur, Ciledug Tangerang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Fatahillah. Dan sampelnya adalah siswa kelas X SMA Fatahillah. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket, wawancara, dan observasi. Berdasarkan pengolahan data dan analisis data. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif antara metode pembelajaran BTQ terhadap kemampuan membaca al-Qur�an siswa, dengan indeks korelasi product moment 0,267, sedangkan tingkat pengaruh yang diperoleh dari metode pembelajaran BTQ dengan kemampuan membaca al-Qur�an siswa adalah 39%