Peningkatan motivasi belajar siswa dengan menggunakan metode bermain peran pada materi kisah sahabat Nabi kelas VI di SDN Periuk I
Main Author: | Suhaesih |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mngetahui peningkatan motivasi belajar siswa dengan menggunakan metode bermain peran dalam materi kisah sahabat Nabi di SDN Periuk 1 Kecamatan Periuk Kota Tangerang. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Kelas (PTK) yang bertujuan untuk mengetahui tentang peningkatan motivasi belajar siswa dengan menggnakan dua siklu, yang menjadi obyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI yang berjumlah 112 orang. Instrumen pengumpulan yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan nontes. Lembar tes yang digunakan adalah lembar observasi guru dan lembar observasi siswa. Instrumen tes yang digunakan adalah soal-soal latihan siswa. Data diperiksa dengan menggunakan Defendabilitas. Dalam penelitian kualitatif defendabilitas disebut reliabilitas. Penelitian yang reliabel adalah apabila orang lain dapat mengulangi proses penelitian tersebut. Selain menggunakan defendabilitas juga menggunakan validitas katalis, yaitu validitas yang mendorong paertisipan mengorientasikan, memfokuskan, dan memberikan semangat dalam menghadapi kenyataan kondisi praktek sehari-hari. Tuntutan validitas katalis dilakukan melalui perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Setelah diteliti melalui hasil tes dan pengamatan, maka dapat disimpulkan bahwa siswa mengalami peningkatan motivasi belajar pada materi kisah sahabat Nabi dengan menggunakan mtode bermain peran di SDN Periuk 1 Kecamatan Periuk Kota Tangerang. Dalam penelitian ini, siklus I tingkat pencapaian KKM 76,92%. Keaktifan siswa dalam kegiatan bermain peran 64,1%. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ada pada kategori baik. Pada siklus 2 tingkat pencapaian KKM 94,87%, sedangkan untuk keaktifan siswa aktif bermain peran