Pendidikan Berbasis Tarekat Qadiriyyah Naqsyabandiyyah (TQN) Pondok Pesantren Suryalaya Analisis Pemikiran dan Aksi K.H.A. Shohibulwafa Tajul �Arifin (Abah Anom)�. (Study Peran Pemikiran dan Aksi Abah Anom Dalam Penerapan Pendidikan Berbasis TQN di Pondok Pesantren Suryalaya Tasikmalaya)
Main Author: | Arifin |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Pemikiran dan aksi K.H.A. Shohibulwafa Tajul �Arifin (Abah Anom) Dalam Penerapan Pendidikan Berbasis Tarekat Qadiriyyah Wa Naqsabandiyyah (TQN) di Pondok Pesantren Suryalaya.Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dan jenis penelitian yang digunakan adalah kepustakaan/ library research yaitu mengumpulkan data atau karya tulis ilmiah yang bertujuan dengan obyek penelitian atau pengumpulan data yang bersifat kepustakaan. Pendekatan yang digunakan bersifat fenomenologis, yang mengacu pada pandangan dan keyakinan masyarakat yang diteliti serta para penganut dan pengamal TQN di Pondok Pesantren Suryalaya, Tasikmalaya. Dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, studi pustaka, dokumentasi data, dapat disimpulkan bahwa Abah Anom dikenal sebagai pemimpin yang kuat dan karismatik, memiliki sifat-sifat terpuji, penyampaian spiritual Beliau telah menarik respon positif dari masyarakat luas, bukan hanya dari dalam negeri tapi juga dari luar negeri. Abah Anom adalah mursyid tarekat yang memiliki pemikiran yang menyentuh keseluruh aspek kehidupan, baik segi agama, sosial, ekonomi dan kemasyarakatan.