Penerapan pembelajaran aktif metode card sort pada materi pai dalam meningkatkan hasil belajar siswa di SMP Darul Ma�arif Jakarta Selatan

Main Author: Yenti Susanti
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya hasil belajar siswa yang disebabkan oleh rendahnya kemampuan berpikir siswa, kurangnya minat siswa dalam aktifitas belajar mengajar. Selain itu, metode mengajar yang digunakan guru masih kurang bervariasi sehingga membuat siswa merasa bosan bahkan mengantuk dan juga kurangnya kemampuan guru dalam memilih metode pembelajaran yang mampu menumbuhkan minat dan motivasi belajar siswa. Salah satu cara untuk meningkatkan hasil belajar siswa yaitu dengan menggunakan pembelajaran aktif metode card sort. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK), yang terdiri dari dua siklus. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui pembelajaran aktif metode card sort pada materi PAI. Subjek penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII D SMP Darul Ma�arif Jakarta Selatan, tahun ajaran 2013/2014. Data dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik observasi, dokumentasi, wawancara, dan tes. Analisis data dari penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, yaitu menguraikan secara deskriptif tentang perkembangan proses pembelajaran siswa pada siklus I sampai siklus II. Data yang diperoleh dari hasil belajar siswa dianalisis secara kuantitatif dengan cara menghitung rata-rata hasil belajar siswa disetiap siklusnya. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 82,9 dan pada siklus II sebesar 95,9. Hal ini membuktikan bahwa penerapan pembelajaran aktif metode card sort dapat meningkatkan hasil belajar siswa.