Pelaksanaan bantuan operasional sekolah (BOS) terhadap prestasi belajar siswa SMP Negeri 241 Jakarta
Main Author: | Ahmad Farhan |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelaksanaan bantuan operasional sekolah terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini telah dilakukan pada bulan Juli 2013 di SMP Negeri 241 Jakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif korelatif, yaitu untuk menguji hubungan antar variabel X (bantuan operasional sekolah) dengan variabel Y (prestasi belajar siswa). Analisis data menggunakan deskripsi korelasi kemudian dianalisis dengan menggunakan korelasi product moment dan didukung dengan teknik-teknik pengumpulan data melalui angket, observasi, dokumentasi dan wawancara. Jumlah populasi penelitian 180 siswa dengan sampel sebanyak 21 siswa. Hasil penelitian berdasarkan interpretasi secara sederhana atau kasar menunjukan bahwa nilai �r� hitung sebesar 0,262 terletak pada rentang 0,20-0,40, berarti antara variabel X dan variabel Y terdapat korelasi yang lemah atau rendah. Sedangkan melalui interpretasi dengan menggunakan tabel nilai �r� product moment nilai �r� hitung 0,262 lebih kecil dari �r� tabel baik pada taraf signifikan 1% (0,549) maupun pada taraf signifikan 5% (0,433) yang berarti Ho diterima dan Ha ditolak. Adapun koefisien determinasi (kontribusi variabel X terhadap variabel Y) diperoleh hasilnya sebesar 6,9%. Dengan demikian hasil penelitian menunjukan terdapat pengaruh yang rendah atau rendah antara pelaksanaan bantuan operasional sekolah terhadap prestasi belajar siswa SMP Negeri 241 Jakarta. Bantuan operasional sekolah (BOS) memberikan kontribusi kecil sekali dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di SMP Negeri 241 Jakarta