Hubungan Pola Asuh Orang Tua yang Bekerja Dengan Pembentukan Karakter Siswa di SMP PGRI 1 Ciputat

Main Author: Septiara Purti
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Daftar Isi:
  • Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional dan ditunjang oleh referensi yang berkaitan dengan tema yang dibahas dalam skripsi ini. Peneliti mengobservasi keadaan yang ada di dalam lingkungan dan karakter-karakter siswa di sekolah. Adapun yang menjadi populasi sasaran dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang kedua orang tuanya bekerja sebanyak 124 siswa. Peneliti mengambil sampel secara acak (Random Sampling) dikelas VIII di SMP PGRI 1 Ciputat yang orang tuanya bekerja sekitar 124 siswa dan peneliti mengambil 25% dari 124 menjadi 30 Siswa. Penyebaran angket melalui teknik pengundian dari 124 siswa dan terpilih 30 siswa untuk pengisian angket. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan beberapa teknik diantaranya yaitu teknik observasi, angket dan wawancara. Peneliti mewawancarai guru BK dan beberapa orang tua untuk memperkuat hasil penelitian. Dengan memeriksa tabel nilai �r� product moment� ternyata dengan df sebesar 28, pada taraf signifikan 5% diperoleh nilai r tabel, pada taraf signifikasi 5% (0,640 > 0,361). Dengan demikian Hipotesa Alternatif (Ha) diterima dan Hipotesa Nol (Ho) ditolak. Artinya, terdapat pengaruh positif yang signifikan antara hubungan pola asuh orang tua bekerja dengan pembentukan karakter siswa di SMP PGRI 1 Ciputat. Karena berada pada rentangan 0,40-0,70 dapat diketahui bahwa terdapat korelasi positif yang cukup/sedang antara hubungan pola asuh orang tua yang bekerja dengan pembentukan karakter siswa di SMP PGRI 1 Ciputat.