Tinjauan hukum Islam Undian berhadiah pada Bank Syariah sebagai Strategi promosi (studi kasus muamalat berbagai rezeki pada Bank Muamalat Indonesia)
Main Author: | JUNAIDAH, Iva |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Syariah dan Hukum
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Di tengah maraknya persaingan untuk memikat konsumen, berbagai perusahaan mengatur strategi agar promosi yang dilakukannya sukses di pasaran, salah satunya adalah dengan menggunakan undian berhadiah. Dalam hal ini, bank syari�ah pun tidak ingin ketinggalan dengan bank-bank konvensional untuk ikut mengadakan undian berhadiah sebagai strategi promosi yang digunakan untuk meningkatkan Dana Pihak Ketiga. Dan cara inipun terbukti sukses dapat meningkatkan Dana Pihak Ketiga. Seperti yang dilakukan Bank Muamalat Indonesia, dengan undian berhadiah Muamalat Berbagi Rezeki sepanjang tahun 2011 terbukti dapat meningkatkan Dana Pihak Ketiga sebesar 31 persen. Jika dilihat sekilas undian berhadiah memang identik dengan judi, namun pada undian berhadiah Muamalat Berbagi Rezeki, pelaksanaannya maupun ketentuan-ketentuan yang ada di dalamnya telah disesuaikan dengan peraturan syari�at Islam, sehingga harus ada landasan hukum Islam yang mendasarinya. Tidak boleh ada unsur gharar maupun maysir karena bank syari�ah merupakan bank yang semua aktivitas dan operasionalnya berdasarkan prinsip-prinsip syari�at Islam