Strategi pemasaran produk takaful dana pendidikan (Fulnadi) pada PT.Asuransi takaful keluarga cabang bekasi

Main Author: QURTUBI, Ahmad
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Iimu Dakwah dan Ilmu Komunikasi
Subjects:
Daftar Isi:
  • Strategi pemasaran adalah serangkaian tujuan dan sasaran, kebijakan dan aturan yang memberi arah kepada usaha-usaha pemasaran perusahaan dari waktu ke waktu, pada masing-masing tingkatan dan acuan serta alokasinya, terutama sebagai tanggapan perusahaan dalam menghadapi lingkungan dan keadaan persaingan yang selalu berubah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk untuk mengetahui perumusan, implementasi, evaluasi dan serta strategi pemasaran produk Takaful Dana Pendidikan (Fulnadi) PT. Asuransi Takaful Keluarga (ATK) cabang Bekasi. Penelitian ini menggunakan metode analisis kualitatif, yaitu penulis menganalisis data berdasarkan informasi-informasi yang diperoleh dari hasil wawancara dan sumber-sumber lain yang terdapat pada PT. Asuransi Takaful Keluarga (ATK) cabang Bekasi. Hasil analisis yang dilakukan menyimpulkan; Implementasi ditampakkan melalui penetapan struktur perusahaan, budaya perusahaan dan kepemimpinan; sedangkan Strategi pemasaran produk Takaful Dana Pendidikan (Fulnadi) PT. Asuransi Takaful Keluarga (ATK) cabang Bekasi didukung dengan analisis SWOT melalui matrik SWOT yakni mengidentifikasi peluang (opportunity) yang harus segera mendapat perhatian serius dan pada saat yang sama perusahaan menentukan beberapa kendala ancaman (threats) yang perlu diantisipasi. Berdasarkan tersebut Strategi pemasarannya berada pada mobilisasi sumber daya manusia yang ada yang merupakan kekuatan organisasi atau perusahaan untuk memperlunak ancaman dari luar, bahkan jika mungkin organisasi atau perusahaan dapat mengubahnya menjadi peluang, yaitu kotak interaksi dan pertemuan antara ancaman dari luar yang diidentifikasi dengan kekuatan organisasi atau perusahaan. Dengan demikian, hasil ini mudah-mudahan dapat berguna bagi solusi pengembangan Asuransi Takafuil Keluarga yang telah menjamur di tanah air ini sebagai sebuah alternatif dalam pemberdayaan ekonomi umat dengan menerapkan strategi pemasaran syari�ah secara profesional.