Analisis program Mario Teguh Golden ways di Metro TV

Main Author: Mubaroq, Syahrul
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi
Subjects:
Daftar Isi:
  • Di Indonesia masih jarang stasiun televisi yang mengedapankan pendidikan walaupun mereka juga ikut meramaikan kata-kata pendidikan dalam setiap program yang ditayangkan, namun tidak pada kenyatannya. Berbeda dengan Metro TV yang merupakan salah satu stasiun televisi swasta yang mengkhususkan segmentasi penyiarannya hanya pada informasi dan edukasi (walaupun ada sedikit hiburannya). Salah satu acara yang menyajikan edukasi adalah Mario Teguh Golden Ways (MTGW). Acara yang sudah tayang sejak tahun 2008 ini sudah memiliki banyak pemirsa setia dan masih terus bertambah seiring dengan berjalannya waktu. Bagi mereka, acara MTGW merupakan acara yang sangat menginspirasi mereka untuk berubah menjadi lebih baik lagi. Kesuksesan MTGW tentu saja tidak lepas dari kata-kata inspiratif Mario Teguh dan juga pengemasan acara yang sangat baik dan berbeda dari acara-acara sejenis lainnya. Bahkan hingga saat ini, belum ada acara sejenis yang bisa bertahan selama MTGW. Kemudian, apa yang sebenarnya membuat acara MTGW bertahan selama ini? Penelitian ini terdiri dari tiga tujuan yaitu; untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pra produksi program Mario Teguh Golden Ways, untuk mengetahui lebih dalam tentang proses produksi program MTGW, dan untuk mengetahui bagaimana proses pasca produksi program MTGW berlangsung. penelitian ini peneliti menggunakan metode kualitatif yang menggambarkan keadaan yang sebenarnya yang dianggap akurat kemudian menuangkannya dalam penulisan skripsi dengan cara menjabarkan, menerangkan, dan memberikan gambaran. Kemudian menarik kesimpulan terkait permasalahan yang ada. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diambil kesimpulan bahwa secara umum, proses pra produksi, produksi, dan pasca produksi program Mario teguh golden way pada setiap episode hampir sama. Namun, perbedaan jelas terlihat antara episode yang ditayangkan secara Live (siaran langsung) dengan yang ditayangkan secara tapping (rekaman) dalam hal proses produksi dan pasca produksinya. Pada episode yang tayang secara Live, tahap Produksi dilakukan dengan durasi yang akurat dan ditambah line telephone bagi pemirsa di rumah. Hal ini berbeda dengan episode yang tayang secara tapping dimana durasi selalu dilebihkan dua sampai tiga menit pada setiap segmentnya. Pada episode yang ditayangkan secara tapping, tidak dibuka line telephone bagi pemirsa di rumah.