Kebijakan Redaksional Majalah Nagaswara dalam Rubrik Intro Edisi Maret-April 2010
Main Author: | Dzikri Nurlaili |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Iimu Dakwah dan Ilmu Komunikasi
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Kebijakan redaksional merupakan kebijakan yang menjadi pedoman atau petunjuk sebuah perusahaan media dalam menjalankan kegiatan yang disesuaikan dengan visi dan misi dari media itu sendiri. Begitupula dengan majalah NAGASWARA. Majalah ini adalah majalah pribadi yang dimiliki produser label musik NAGASWARA. Majalah ini dibuat sesuai dengan visi-nya yakni menjadikan dirinya sebagai majalah musik yang berkualitas dalam memberikan sebuah berita di tanah air khususnya. Majalah ini pun memiliki misi agar artis yang dimiliki oleh label NAGASWARA dapat disukai khalayak. Karena majalah ini milik pribadi, maka majalah NAGASWARA membatasi beritanya hanya pada artis yang bernaung di bawah label NAGASWARA saja. Visi misi dari majalah inilah yang menyebabkan kebijakan redaksionalnya sedikit berbeda dengan majalah-majalah lain yang bersifat komersil. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana kebijakan redaksional yang dibuat serta diterapkan oleh majalah NAGASWARA pada rubrik Intro pada edisi maret-april 2010. Maka dari itu penulis ingin mengetahui perumusan masalahnya. Yakni, bagaimana Kebijakan Redaksional Majalah NAGASWARA dalam Rubrik Intro Edisi Maret-April 2010. Teori yang digunakan dalam penulisan ini adalah teori Hirarki Pengaruh yang diperkenalkan oleh Pamela J Shoemaker dan Stephen D. Reese. Teori ini menjelaskan tentang pengaruh internal dan eksternal terhadap isi dari suatu pemberitaan media. Dalam hal ini penulis menjelaskan tentang pengaruh ideologi dalam jenis bermusik. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analisis. Metode deskriptif dirancang untuk mengumpulkan informasi tentang keadaan. Tujuan utama dalam menggunakan metode ini adalah menggambarkan sifat suatu keadaan yang sementara berjalan pada saat penelitian dilakukan dan memeriksa sebab-sebab dan suatu gejala tertentu. Adapun teknik pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Majalah NAGASWARA bukan majalah komersil yang diperjual belikan, maka dari itu isi kebijakan redaksional lebih mengacu kepada kebijakan yang bersifat pribadi, karena majalah NAGASWARA merupakan kebijakan label yang di dokumentasikan lewat majalah. Majalah ini memuat berita tentang apapun yang ada dalam label musik NAGASWARA, tanpa memikirkan konsep yang mengedepankan idealis yang biasa majalah lain suguhkan