Respon mahasiswa jurusan komunikasi dan penyiaran islam universitas islam negeri syariah Hidayatullah Jakarta terhadap program KICK Andy di Metro TV

Main Author: SAPUTRO, Heru
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Iimu Dakwah dan Ilmu Komunikasi
Subjects:
Daftar Isi:
  • Program acara Kick Andy merupakan program acara talk show yang memiliki konsep berbeda dengan program acara talk show yang lainnya. Program acara Kick Andy mengetengahkan topik ke berbagai aspek kehidupan. Mulai dari persoalan-persoalan sosial, pendidikan, kesehatan, dan berbagai persoalan yang dihadapi masyarakat, namun sesungguhnya adalah persoalan bangsa. Dunia politik sesekali diangkat jadi topik bahasan, namun penyajiannya dikemas sedemikian rupa, sehingga acaranya tidak membosankan sebaliknya membuat penasaran dan menimbulkan kagum banyak pemirsa. Oleh sebab itu penulis ingin mengetahui respon dari mahasiswa jurusan KPI angkatan 2007/2008 UIN Syarif Hidayatullah Jakarta terhadap program acara Kick Andy karena pada dasarnya topik yang diangkat dalam acara ini sangat sesuai dengan kebutuhannya sebagai mahasiswa, karena mahasiswa itu biasanya identik sebagai masyarakat akademisi yang sangat kritis terhadap persoalan-persoalan bangsa dan peduli terhadap masyarakat kecil. Terutama mahasiswa jurusan KPI yang diharapkan menjadi insan media yang berkualitas dan islami. Adapun masalah yang penulis rumuskan yaitu bagaimana respon afektif, kognitif, behavioral mahasiswa jurusan KPI angkatan 2007/2008 UIN Syarif Hidayatullah Jakarta terhadap program Kick Andy pada bulan Januari sampai Februari 2010 ? Teori yang penulis gunakan adalah salah satu teori dari komunikasi massa yaitu Media Equation Theory atau Teori Persamaan Media. Teori ini beranggapan bahwa khalayak secara otomatis merespon baik media itu, karena media itu memiliki suatu kesamaan sifat dengan khalayak dalam hal ini kebutuhan khalayak merasa sudah terpenuhi oleh sajian media tersebut. Jika dihubungankan teori ini dengan program Kick Andy dan mahasiswa jurusan KPI ternyata program acara Kick Andy banyak menyajikan topik-topik yang sangat sesuai dengan kebutuhan mahasiswa sehingga mendapat respon yang baik dari mahasiswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi dan analisa data menggunakan rumus stastistik persentase yaitu F/N X 100%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa respon mahasiswa jurusan KPI baik dari aspek kognitif, afektif, maupun behavioral terhadap program acara Kick Andy ternyata positif mendapat respon yang baik sangat sesuai dengan kebutuhan mahasiswa jurusan KPI dan terbukti asumsi Media Equation Theory atau Teori Persamaan Media ini ternyata benar adanya.