Pengaruh penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis problem solving terhadap Keterampilan Proses Sains (KPS) kimia siswa pada konsep larutan penyangga
Main Author: | Siti Tsamrotul Basyiroh |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunan lembar kerja siswa (LKS) berbasis problem solving terhadap keterampilan proses sains (KPS) kimia siswa kelas XI pada konsep larutan penyangga. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah quasi eksperiment dengan rancangan penelitian berupa nonequivalent kontrol group design. Teknik pengumpulan data keterampilan proses siswa menggunakan instrument tes berupa uraian dan non tes berupa observasi. Analisa data menggunakan uji-t, namun sebelumnya dilakukan pengujian normalitas menggunakan uji Lilliefors, dan homogenitas menggunakan uji Fisher. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada nilai ratarata antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol. Hal tersebut ditunjukkan oleh hasil anlisis uji-t dengan thitung (7,134) lebih besar dibandingkan dengan ttabel (2,01) dengan taraf signifikansi ( = 0,05). Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan lembar kerja siswa (LKS) pada konsep larutan penyangga berpengaruh positif terhadap keterampilan pross sains kimia siswa