Hubungan pembelajaran kewirusahaan dengan minat berwirausaha siswa (Studi kasus di Sekolah Menengah Kejuruan Darussalam Ciputat)
Main Author: | Pupah Jamael |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Hubungan Pembelajaran Kewirausahaan Dengan Minat Berwirausaha Siswa di SMK Darussalam Ciputat. Penelitian ini dilakukan pada bulan Januari sampai dengan bulan Juli 2013. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk metode korelasional. Populasi penelitian ini adalah Siswa SMK Darussalam Ciputat Kelas XI yang berjumlah 300 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah dengan simple random sample, dari anggota populasi. Yaitu sebanyak 15% dari seluruh siswa SMK Darussalam Ciputat yang berjumlah 45 orang responden. Instrumen yang digunakan adalah angket dengan bentuk pernyataan tertutup. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel pemberian pembelajaran kewirausahaan memberikan pengaruh terhadap variabel minat berwirausaha siswa. Dari hasil perhitungan tersebut, diketahui rhitung > rtabel, maka dapat diartikan bahwa terdapat kontribusi antar kedua variabel tersebut dengan kategori tinggi. Hubungan Pembelajaran Kewirausahaan dengan Minat Berwirausaha siswa dengan kategori tinggi tersebut menunjukkan bahwa Minat Berwirausaha Siswa Mendapat Pengaruh yang signifikan dari hasil kegiatan Pembelajaran di sekolah. Namun demikian, minat berwirausaha masih ada pengaruh atau hubungan dengan faktor lain di luar kegiatan pembelajaran di sekolah. Dengan demikian kepada pihak sekolah sebagai penyelenggara kegiatan pendidikan terutama guru, agar dapat melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan baik sehingga dapat menanamkan nilai-nilai wirausaha tangguh kepada siswa sebagai bekal keterampilan dalam kehidupannya mendatang. Sehingga setelah menyelesaikan pendidikan siswa dapat memilih jalan kesuksesan melalui jalur kewirausahaan.