Perbandingan hasil belajar biologi dengan menggunakan metode pembelajaran cooperative learning tipe group investigation (GI) dan think pair share (TPS)
Main Author: | WIBOWO, Sigit |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan Metode Cooperative Learning tipe Group Investigation (GI) dan Think Pair Share (TPS) Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Biologi Siswa. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 10 Kota Tanggerang Selatan dengan fokus bahasan materi penelitian pada konsep sistem pencernaan pada manusia. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September 2010. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen, dengan desain penelitian tipe Two Group, Pretest posttest design. Sampel diambil secara Random Sampling dari 72 siswa dibagi menjadi 2 kelas, yaitu kelas eksperimen I (menggunakan GI) dan kelas eksperimen II (menggunakan TPS). Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen tes berupa soal-soal pilihan ganda dan instrumen nontes berupa pedoman wawancara dan lembar observasi. Data hasil instrumen tes, dianalisis dengan uji statistik berupa uji perbandingan nilai pretest dan posttest kedua kelas, sedangkan data hasil instrumen nontes dianalisis secara kualitatif dan digunakan untuk mendeskripsikan tingkat keberhasilan penggunaan kedua metode. Berdasarkan hasil analisis data penelitian, diperoleh bahwa perbedaan hasil belajar kedua kelas sangat signifikan. Kesimpulan tersebut didasarkan pada hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji t terhadap kedua nilai postest. Hasilnya adalah nilai thitung = 6,1439 sedangkan nilai ttabel pada taraf signifikan 1% adalah 2,650 dan taraf signifikan 5% adalah 2.000. Terlihat bahwa nilai thitung > ttabel baik pada taraf signifikansi 1% maupun 5%. Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar Biologi siswa dengan menggunakan metode cooperative learning tipe GI dan TPS.