Identifikasi miskonsepsi siswa pada konsep archaebacteria dan eubacteria dengan menggunakan tes diagnostik pilihan ganda beralasan (studi kasus di MAN 13 Jakarta)
Main Author: | Fina Nurul Khotimah |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap miskonsepsi siswa kelas X MAN 13 Jakarta pada konsep Archaebacteria dan Eubacteria. Metode penelitian yang digunakan yaitu studi kasus. Instrumen yang digunakan untuk mengidentifikasi miskonsepsi siswa berupa Tes Pilihan Ganda Beralasan Terbuka. Unit analisis penelitian yaitu siswa kelas X yang berjumlah 72 orang. Dari penelitian ditemukan bahwa terdapat miskonsepsi dalam konsep Archaebacteria dan Eubacteria yang dialami 19% siswa. Siswa yang miskonsepsi lebih sedikit dibandingkan dengan siswa yang tidak paham konsep yakni sebanyak 61%. Miskonsepsi yang dialami oleh siswa lebih banyak dalam bentuk miskonsepsi utuh dibandingkan dengan miskonsepsi sebagian. Siswa yang mengalami miskonsepsi lebih banyak beranggapan bahwa bakteri lebih banyak menimbulkan kerugian daripada keuntungan bagi manusia dan lingkungan