Identifikasi miskonsepsi siswa dengan menggunakan metode Certainty Of Response Index (CRI ) pada konsep fotosintesis dan respirasi tumbuhan
Main Author: | Tri Ade Mustaqim |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap miskonsepsi siswa SMAN se-Kota Tangerang Selatan pada konsep Fotosintesis dan Respirasi Tumbuhan. Metode penelitian yang digunakan adalah survey. Pengambilan sampel penelitian dilakukan dengan menggunakan teknik proportional stratified random sampling, sehingga didapatkan sampel dari strata atas, tengah, dan bawah sebanyak 1 sekolah dengan 2 kelas. Instrumen yang digunakan untuk mengidentifikasi miskonsepsi siswa berupa Tes Pilihan Ganda Beralasan Terbuka disertai kolom CRI. Dari penelitian ditemukan bahwa persentase siswa yang mengalami miskonsepsi sebesar 37,99% dan lebih kecil dibandingkan dengan persentase siswa yang tidak tahu konsep. Miskonsepsi yang dialami siswa banyak terjadi pada penggunaan gas pada peristiwa fotosintesis dan respirasi tumbuhan