Pengaruh ukuran perusahaan, profitabilitas dan leverage terhadap pengungkapan corporate social responsibility perbankan syariah (Studi Bank Umum Syariah di Indonesia Periode 2010-2013)

Main Author: Abdan Muzakki
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Syariah dan Hukum
Subjects:
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) pada Perbankan Syariah secara parsial dan simultan. Faktor-faktor yang mempengaruhi yaitu Ukuran Perusahaan, Profitabilitas dan Leverage. Sampel pada penelitian ini adalah 8 Bank Umum Syariah di Indonesia untuk periode 2010-2013. Penelitian ini menggunakan metode Regresi Data Panel. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Ukuran Perusahaan, Profitabilitas dan Leverage secara simultan berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR). Dan secara parsial, variabel Ukuran Perusahaan dan Profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR), sedangkan variabel Leverage tidak berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan Corporate Social Responbility (CSR).